close
iklan 120 x 600 kiri
Faceblog Evolutions Faceblog Evolutions Faceblog Evolutions Faceblog Evolutions
1 2 3 4
Latest Post
Loading...

KTSP

 Dokumen pedoman proses pembelajaran untuk TK, RA, dan PAUD berikut ini merupakan panduan yang disusun oleh Pusat Kurikulum Depdiknas. Semoga pedoman ini bermanfaat bagi rekan-rekan pendidik untuk mengantarkan masa depan tunas bangsa. 
Dokumen ini saya simpan pada website ziddu dengan harapan dapat diunduh setiap saat. Untuk mengunduh secara gratis, silakan klik kanan, klik open link in new window, tulis kode yang diberikan, kemudian klik download.


Model Penilaian KTSP TK. pdf
Model_Kurikulum_Pembelajaran_Berbasis_Alam_PAUD_Formal&NF.pdf
Silabus_PAUD_Formal.doc
Standar_dan_Bahan_Ajar_PAUD_NonFormal.pdf
Standar_dan_Bahan_Ajar_PAUD-Formal.pdf
Standar_Isi_PAUD_NonFormal.doc
Standar_Isi_PAUD_Formal.doc
Silabus_PAUD_NonFormal.doc
Silabus&RPP_TK-RA.doc

 Melihat betapa sibuknya para Bapak/ibu guru yang sedang menyusun persyaratan sertifikasi, maka kami akan mencoba membantu dalam peembuatan RPP, Silabus dan kelengkapan sertifikasi lain. kami harapkan beberapa contoh kelengkapan berikut ini senantiasa dipersiapkan oleh setiap pengajar, sehingga pada saat pendaftaran sertifikasi tidak terlalu disibukkan untuk membuat/melengkapi persyaratan persyaratan tersebut. beberapa hal yang berhubungan dengan sertifikasi, KTSP sudah kami tulis dalam postingan.
Beriku ini link-link download yang mudah-mudahan bisa membantu anda (klik yang ada garis bawah untuk donwload).
Sumber> http://al-falah-institute.blogspot.com/p/ktsp-paud.html


Pada hakikatnya belajar harus berlangsung sepanjang hayat. Untuk menciptakan generasi yang berkualitas, pendidikan harus dilakukan sejak usia dini dalam hal ini melalui Pendidikan Anak Usia Dini, adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya Pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:
  • Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
  • Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.
Dengan diberlakukannya UU No. 20 Tahun 2003 maka sistem pendidikan di Indonesia terdiri dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi yang keseluruhannya merupakan kesatuan yang sistemik. PAUD diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal. PAUD pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. PAUD pada jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat. PAUD pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.
Dalam upaya pembinaan terhadap satuan-satuan PAUD tersebut, diperlukan adanya sebuah kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi anak usia dini yang berlaku secara nasional. Kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi adalah rambu-rambu yang dijadikan acuan dalam penyusunan kurikulum dan silabus (rencana pembelajaran) pada tingkat satuan pendidikan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Berikut Kurikulum, Standar Isi, Bahan ajar, Silabus, dan RPP PAUD/TK:
1. Model Penilaian KTSP TK ===>> Download DISINI===>> 
 2. Model Kurikulum Pembelajaran Berbasis Alam PAUD ===>> Download DISINI===>>
3. Standar dan Bahan Ajar PAUD Nonformal ===>> Download DISINI===>>
4. Standar dan Bahan Ajar PAUD Formal ===>> Download DISINI===>>
5. Standar Isi PAUD Nonformal ===>> Download DISINI===>>
6. Standar Isi PAUD Formal ===>> Download DISINI===>>
7. Silabus PAUD Nonformal ===>> Download DISINI===>>
8. Silabus PAUD Formal ===>> Download DISINI===>>
9. Silabus dan RPP TK/RA ===>> Download DISINI===>>
Cara Mendownload: Klik Download yang diinginkan. Lalu nantinya Anda akan dibawa ke halaman Ziddu, kemudian klik tombol Download, Anda akan diminta memasukan Verification Code, ketik sesuai kode yang muncul lalu klik tombol Download. Terakhir akan muncul jendela baru (pop up) untuk pilihan membuka file atau menyimpan, pilihlah simpan berkas lalu OK. Jika Artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan tuliskan komentar anda di kolom komentar yang sudah disediakan, untuk memperpanjang Blog Ini, Anda Terbantu Saya Juga Terbantu OKKKK….!!
Jika Bapak/IBu membutuhkan Kurikulum PAUD atau TK dan sejenisnya Silahkan Unduh pada LINK DISINI
Sumber> http://alifahazzahra85.wordpress.com/2013/08/27/download-kurikulum-silabus-dan-bahan-ajar-paudtk-sesuai-dengan-ktsp/comment-page-1/


TINGKAT TK/RA

  1. RPP dan Silabus TK Download
  2. Standar Isi PAUD Download
  3. Silabus PAUD Non Formal Download
  4. Silabus PAUD Formal Download
  5. Model Penilaian KTSP TK Download
Unduhan Lainnya : (reff: tunas63.wordpress.com)

1. PEDOMAN PAUD

Belum ada komentar untuk "KTSP"

Post a Comment